Learn And Share With Faried

Setting Awal pada Ms. Office Word 2007

Setting Awal pada Ms. Office Word 2007. Pada postingan terdahulu blog inspirasi telah menulis tentang Kelebihan Ms. Office Word 2007 dan Cara Menginstall Microsoft Office 2007. Maka update kali ini blog inspirasi akan berbagi lagi tentang Setting-Setting Penting pada Ms. Office Word 2007 atau Cara Melakukan Setting Awal Ms. Office Word 2007 atau Merubah Setting Default Ms. Office Word 2007 setelah proses instalasi selesai.

Melakukan Setting Awal pada Ms. Office Word 2007 tentunya akan ada manfaatnya untuk kita yaitu akan membantu mempermudah kita saat bekerja menggunakan Ms. Office Word 2007 nantinya. Caranyapun sangat mudah karena pada setting ini sahabat hanya akan memberi tanda checklist dan menghilangkan tanda checklist. Berikut di bawah adalah setting-setting yang akan kita lakukan tersebut :

  1. Memberi tanda cheklist pada Print Background Colors And Image
    Gunanya adalah : saat sahabat mengaktifkan background / gambar pada halaman kerja, maka gambar / background tersebut akan ikut tercetak pada kertas.
  2. Menghilangkan tanda checklist pada Check Spelling As You Type, Use Contextual Spelling, Mark Grammars As You Type, dan Check Grammar With Spelling
    Gunanya adalah : mematikan fungsi grammar (ejaan Bahasa Inggris) saat mengetik naskah / teks Bahasa Indonesia.
  3. Mengubah pilihan default pada insert/paste picture as: Through menjadi insert/paste picture as: In Front Of Text.
    Gunanya adalah : agar saat kita memasukkan gambar / objek ke dalam lembar kerja, gambar tersebut otomatis akan berada di atas text / naskah sehingga kita bisa bebas menempatkan posisi gambar atau objek tersebut di mana saja sesuai selera.
  4. Memberi tanda cheklist pada Show Background Colors and Images in Print Layout View dan Show Text Boundaries
    Gunanya : Show Background Colors and Images in Print Layout View agar saat melakukan pratinjau (print view) hasil kerja, warna background dan gambar background yang kita aktifkan akan ikut terlihat juga.
    Gunanya : Show Text Boundaries menampilkan margin (garis bantu / batas sisi kertas dari teks atau naskah)
  5. Mengubah pilihan default pada Show Measurements in Units of : Inches menjadi Show Measurements in Units of : Centimeters
    Gunanya adalah : mengubah format pengukuran default ms. office word 2007 dari Inci menjadi Centimeter, dimana hal ini nanti akan mempermudah saat kita akan menentukan ukuran margin, ukuran gambar, dan lain-lain.

Setelah memahami beberapa setting penting di atas, sekarang kita langsung menuju pada prakteknya tetapi sebelumnya sahabat sudah harus membuka dulu aplikasi Ms. Office Word 2007 lalu klik Office Button (logo Office) yang berada di sudut kiri atas halaman kerja, kemudian klik menu Word Options sehingga terbuka popup atau jendela baru untuk setting ms. office word 2007. lihat screenshootnya di bawah :

Office Button (logo Office)

popup window (jendela setting Ms. Office Word 2007)

Setelah terbuka jendela setting (pengaturan) Word Options pada gambar kedua di atas lalu Ikuti semua langkah-langkah di bawah ini :

  1. Memberi tanda cheklist pada Print Background Colors And Image

    Klik pada menu Display, lalu cari submenu Printing Options dan beri checklist (tanda centang) pada Print Background Colors And Image.

    Print Background Colors And Image

    Setelah selesai memberi checklist di atas jangan klik menu OK dulu, karena letak 6 setting di atas masih berada di dalam jendela Word Options ini / satu kali kerja (all in one).

  2. Menghilangkan tanda checklist pada Check Spelling As You Type, Use Contextual Spelling, Mark Grammars As You Type, dan Check Grammar With Spelling

    Sekarang Klik pada menu Proofing lalu cari submenu When Correcting Spelling and Grammar in Word, dan hilangkan semua checklist pada Check Spelling As You Type, Use Contextual Spelling, Mark Grammars As You Type, dan Check Grammar With Spelling. lihat gambar.

    Spelling and Grammar Ms. Office Word 2007
  3. Mengubah pilihan default pada insert/paste picture as: Through menjadi insert/paste picture as: In Front Of Text.

    Klik pada menu Advance, dan klik tanda segitiga kecil terbalik pada form sub-submenu di sebelah kanan dari insert/paste picture as : Through dan ubah menjadi In Front Of Text. lihat gambar.

    posisi default gambar ms. office word 2007
  4. Memberi tanda cheklist pada Show Background Colors and Images in Print Layout View dan Show Text Boundaries

    Masih pada menu Advance, sekarang cari Show Document Content, dan beri tanda centang (checklist) pada Show Background Colors and Images in Print Layout View dan Show Text Boundaries. lihat gambar.

    setting text boundaries ms. office word 2007
  5. Terakhir: Mengubah pilihan default pada Show Measurements in Units of : Inches menjadi Show Measurements in Units of : Centimeters

    Masih tetap pada menu Advance, sekarang cari Display, dan pada Show Measurements in Units of : Inches ubah menjadi Centimeters. Lalu klik menu OK. lihat gambar.

    mengubah ukuran default inci menjadi centimeter pada ms. office word 2007

Selesai, sampai disini dulu tutorial ms. office word 2007 kali ini. Untuk setting-setting yang lain pada Menu Word Options mungkin sahabat bisa pelajari dan kembangkan sendiri.

Selamat Mencoba dan semoga sukses.
Tidak lupa ucapan salam hangat dari blogger pemula blog inspirasi.

Jika menurut sahabat tutorial ini bermanfaat, mohon luangkan waktu beberapa detik saja untuk memberikan Like fb, G+1, atau Tweet. Terima kasih sebelumnya.

2 komentar:

Aziz Syabani mengatakan... balas

Terima kasih atas info yg sdh dibagikan. Info ini sdh membantu saya mensetting ulang Ms. Office word 2007 saya.

ace maxs mengatakan... balas

makasih banyak gan infonyaa

Posting Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.