Learn And Share With Faried

Cara Menginstall Microsoft Office 2007

Melanjutkan tutorial yang lalu dengan judul mengenal dan mengetahui kelebihan Ms. Office Word 2007, maka kali ini saya akan menulis tentang bagaimana cara menginstall aplikasi Ms. Office 2007 pada komputer atau laptop sahabat. Oh iya, mungkin tutorial ini udah dibilang basi atau ketinggalan jaman menurut sahabat, tapi bagi saya tidak jadi masalah karena saya yakin masih ada sahabat yang belum mengetahuinya atau meskipun sudah tahu tapi masih belum tahu bagaimana cara menginstall Microsoft Office 2007 agar tidak terlalu memakan space/ruang harddisk pada komputer/laptop sahabat.

Oke deh, langsung saja kita menuju pokok bahasan; pertama-tama persiapkan dulu file/data program Microsoft Office 2007 milik sahabat yang biasa juga disebut sebagai Master Office, buat sahabat yang biasa berkecimpung di dunia komputer pasti sudah tahu kan Master Office ? tapi untuk sahabat yang belum memilikinya mungkin bisa meminta pada sahabat yang lain, atau bisa membeli cd original Microsoft Office 2007 (disarankan).

Setelah persyaratan di atas telah sahabat penuhi, sekarang buka folder file/data program Microsoft Office 2007 tersebut lalu cari dan buka file Setup.exe, maka akan terbuka jendela pertama proses instalasi Microsoft Office 2007 yang memerintahkan sahabat memasukkan kode atau serial number dari aplikasi tersebut. Terlihat seperti gambar di bawah :


buka file Setup dan Serial

ketik kode/serial number disini

Masih pada proses di atas, sekarang buka lagi file/data Serial.txt, lalu copy kode yang berada di dalam text document tersebut dan paste ke dalam form isian Enter Product Key pada gambar di atas sehingga muncul tanda check-list tebal berwarna hijau yang menandakan bahwa kode/serial number yang sahabat masukkan memang benar. Lalu klik tombol Continue. Maka jendela gambar di atas akan berubah lagi, lihat gambar di bawah :



pilih salah satu menu instalasi

Pada jendela gambar di atas terdapat dua pilihan menu instalasi, yang pertama menu Install Now dan yang kedua adalah menu Customize. Jika sahabat tidak ingin repot dan ingin cepat selesai menginstall, sahabat bisa memilih menu Install Now dan dengan catatan bahwa sahabat siap menggunakan semua fitur yang terdapat di dalamnya meskipun hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja komputer/laptop sahabat. Salah satu contohnya saat sahabat membuka aplikasi Ms. Office Word 2007..terasa lambat atau bahkan sedikit lama untuk membuka seluruh halaman kerja.

Sahabat Mau tahu alasannya kenapa jika kita memilih menu Install Now bisa berpengaruh pada kinerja komputer ? hal ini dikarenakan pada menu tersebut memuat banyak varian aplikasi dan sub-aplikasi di dalamnya yang akan ikut terinstall jika sahabat memilih menu Install Now, padahal aplikasi dan sub-aplikasi tersebut mungkin akan jarang sahabat gunakan atau bahkan tidak pernah. Akan jadi mubazir kan jika seperti itu ?, Contoh sub-aplikasi yang akan mempengaruhi kinerja komputer/laptop sahabat bisa dilihat pada gambar di bawah.

Oke, kita melangkah pada menu Customize yang juga menjadi saran saya untuk sahabat agar lebih baik memilih menu ini. Loh kenapa ?, jawab: jika sahabat memilih proses instalasi melalui menu ini maka sahabat bisa memilih aplikasi dan sub-aplikasi mana saja yang akan sahabat install, saran saya sih pilih saja aplikasi yang menurut sahabat sangat dibutuhkan. Seperti Word, Excel dan Powerpoint, itu saja.

Singkatnya, anggap saja sekarang sahabat akan memilih menu Customize. Maka setelah itu jendela pilihan dua menu tersebut akan berubah lagi. Lihat gambar di bawah :


contoh aplikasi yang jarang digunakan

Nah, pada jendela gambar di atas sahabat telah diberikan banyak pilihan aplikasi dan sub-aplikasi mana saja yang akan sahabat install. Untuk memilih yang mana yang akan diinstall sahabat tidak perlu melakukan apa-apa pada pilihan aplikasi tersebut. Dan untuk memilih aplikasi yang tidak usah diinstall, berikut caranya :


a. Klik menu icon/gambar segitiga terbalik tersebut
b. Selanjutnya akan terbuka sub-menu, dan pilih Not Available. Lakukan hal tersebut untuk aplikasi tidak diperlukan yang lain.
c. Setelah selesai memilih lalu klik menu Install Now. Lihat gambar di bawah, Selanjutnya tunggu hingga proses installasi mencapai 100%, lalu klik Close.


contoh aplikasi yang jarang digunakan

Saya rasa cukup mudah kan sahabat ?, so, selamat mencoba..semoga sukses.
Salam Blogger..

1 komentar:

flu tulang mengatakan... balas

infonya sangat membantu sekali saya nih gan...

Poskan Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.