Learn And Share With Faried

Mengedit dan Menambahkan Objek ke dalam File PDF

Mengedit isi dokumen / file .pdf secara langsung pada dokumen pdf tersebut dan menyusun ulang serta ingin menyisipkan / menambahkan objek-objek tertentu seperti text / tulisan dan file gambar misalnya, adalah bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan apabila sahabat sudah mengetahui caranya. Maksud dari mengedit secara langsung di atas adalah: kita tidak perlu lagi harus bersusah-susah mengkonversi atau mencopy dan memindahkan isi dari dokumen tersebut ke aplikasi lain seperti Microsoft Word.

Baiklah sahabat, setelah 4 hari saya absen untuk update postingan karena sibuk belajar memperbaiki performa blog di mesin pencarian google (maklum, blogger newbie ini lagi ikut kontes SEO), lihat di: Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda dan ternyata hasilnya nihil, ke-index sich tapi gak tahu pada halaman berapa ?, soalnya sudah sampai ranking 700 gak ketemu-ketemu. Makanya sekarang saya baru sempat membuat postingan dengan topik mengedit file pdf.

Lanjut, untuk mengedit content / isi dari e-book dengan ekstensi file : .pdf, pertama-tama yang perlu sahabat persiapkan adalah software / aplikasi yang memiliki fungsi utama yaitu untuk mengedit ulang file pdf. Nama software / aplikasi tersebut adalah Foxit PDF Editor, dan mungkin ada juga aplikasi lain sejenis ini, tapi yang terbukti berhasil dan sering saya gunakan adalah aplikasi Foxit PDF Editor tersebut.

Untuk mendapatkan aplikasi Foxit PDF Editor tersebut sahabat bisa langsung download di akhir halaman ini, setelah sahabat mendownload jandan lupa di-extract karena aplikasi tersebut telah saya convert menjadi file archive / .rar;. Atau mungkin sahabat sudah ada yang memiliki aplikasi / software tersebut tetapi belum tahu bagaimana menggunakannya ?, oke, baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar.he-he,,

Setelah sahabat mengextract aplikasi tersebut, sekarang cari file FoxitPDFEditor21 Enu Setup.exe lalu double klik untuk menginstall aplikasi tersebut pada komputer atau laptop sahabat. Ikuti petunjuk instalasi sampai selesai.

Setelah proses instalasi Foxit PDF Editor tersebut selesai, sekarang sahabat tutup dulu aplikasi tersebut. Lalu cari dan buka folder Patch yang ikut terextract tadi dan double klik file Patch.exe di dalam folder tersebut dan klik pada menu Patch dan pilih PDFEDit.exe yang terbuka lalu klik menu Open, jika berhasil maka akan muncul pemberitahuan bahwa anda telah berhasil.


Screenshot Default Foxit PDF Editor
Screenshoot Halaman Kerja Awal Foxit PDF Editor

Screenshot Default Foxit PDF Editor
Screenshoot Halaman Edit File Foxit PDF Editor

Sekarang coba buka Aplikasi Foxit PDF Editor yang sudah sahabat install tadi. Jika sudah tidak ada pemberitahuan lain yang muncul sebelum workspace / ruang kerja aplikasi terbuka, berarti sahabat telah berhasil memanipulasi aplikasi tersebut agar bisa digunakan secara full version.(sedikit curang sih)..?,tapi tidak apa-apalah untuk sekali ini saja..

Nah, sekarang kita melangkah pada tahap pengeditan / penyuntingan file .pdf, caranya sangat mudah kok..sahabat tinggal pilih menu File dan pilih open lalu cari dokumen .pdf yang inngin sahabat edit. Setelah terbuka klik tulisan atau gambar atau seleksi menggunakan kursor bagian mana yang ingin sahabat hapus dan tekan delete pada keyboard,

Klik tulisan atau gambar atau seleksi lagi lalu drag / geser untuk menyusun ulang isi dokumen tersebut, dan jika sahabat ingin menambahkan objek lain ke dalam dokumen .pdf tersebut sahabat tinggal mempelajari / mengenali fungsi beberapa icon yang tertera pada menu toolbar halaman kerja Foxit PDF Editor tersebut.

Saya rasa hal di atas tidak akan menyulitkan sahabat khususnya bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Microsoft Office Word, karena menurut saya semua menu icon pada toolbar tersebut banyak kemiripan dengan menu yang terdapat pada aplikasi Microsoft Office Word.

Download : Foxit PDF Editor


Sampai disini tulisan acak saya dan saya ucapkan selamat mencoba untuk sahabat..semoga berhasil. Salam hangat blogger newbie.

Mengedit dan Menambahkan Objek ke dalam File PDF
Reviewed by : Faried on Feb 27 2012
Rating: 3.7

0 komentar:

Posting Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.