Learn And Share With Faried

Bisnis Lokal Go Online, Fitur Terbaru dari Google Indonesia

Sedikit penasaran melihat tulisan kecil "Baru !! Bawa usaha anda online bersama google" pada halaman Search Engine google.co.id, tulisan tersebut terletak di bawah tombol penelusuran google. Kemudian saya coba klik link tersebut, dan ternyata saya dibawa menuju pada halaman atau situs terbaru dari Google yaitu halaman khusus  yang disediakan untuk pelaku bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ingin usahanya bisa online dan dikenal di pasar luas.

Menurut artikel yang saya baca dari halaman resmi Tempo.Co, disebutkan bahwa fitur/situs terbaru dari google Asia Tenggara ini resmi diluncurkan pada hari Rabu, 11 Januari 2012 kemarin. Program ini dijalankan sebagai respon Google terhadap fakta bahwa masih belum banyak pengusaha di Indonesia yang memanfaatkan media online.

Jika anda berminat dan ingin mencoba silahkan kunjungi alamat http://www.bisnisgoonline.co.id., juga perlu anda ketahui bahwa situs tersebut resmi dikelola oleh pihak Google Indonesia yang bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya http://www.depkop.go.id/, http://kemenperin.go.id/, http://www.aptikom.org/, http://www.aha.co.id/, http://www.kadin-indonesia.or.id/, http://www.melsa.net.id/, http://multiply.com/tentangmultiply.

Selanjutnya yang mungkin jadi pertanyaan anda adalah; "apakah untuk mendaftarkan usaha kita ke situs terbaru Google ini butuh biaya ?". Anda tidak perlu khawatir, pada peluncuran perdana program ini dari pihak Google beserta mitra penyedia domain dan hosting akan menggratiskan segala biaya pendaftaran untuk 100.000 peserta pertama yang mendaftar.

Jadi tunggu apa lagi ? segera daftarkan usaha anda.., atau anda hanya ingin meneruskan informasi ini kepada saudara, sepupu, atau teman anda yang memiliki usaha kecil-kecilan tapi ingin dikenal di dunia maya. Silahkan anda sebarluaskan informasi ini jika menurut anda bermanfaat untuk orang lain.

Dan berikut saya akan menjelaskan sedikit bagaimana caranya mendaftarkan Usaha Kecil Menengah (UKM) anda pada situs tersebut. ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Ketik alamat; http://www.bisnisgoonline.co.id pada address bar browser anda.
  2. Selanjutnya anda akan dibawa masuk pada halaman awal / Beranda situs Bisnis Lokal Go Online tersebut.
  3. Lalu klik Tombol berwarna Merah "MULAI SEKARANG". lihat tanda panah pada gambar:
  4. Halaman Beranda Bisnis Lokal Go Online Google (klik gambar untuk memperbesar).
  5. Akan terbuka tab halaman baru (popup) pada jendela browser. lihat gambar:
  6. SubMenu Buat Akun Google dan Buat Situs Web Gratis (klik gambar untuk memperbesar).
  7. Pada halaman di atas ada dua pilihan menu, yang pertama Menu Buat Akun Google Sekarang. Pada menu ini anda harus membuat/mendaftar akun dan email Google terlebih dahulu. Tapi jika sebelumnya anda pernah membuat atau sudah memiliki akun/email Google maka anda bisa langsung menuju pada Tab Menu ke-dua yaitu Buat Situs Web Gratis Anda Sekarang. 
  8. Karena saya sudah memiliki akun dan email google, maka pada postingan saya ini kita langsung menuju pada menu ke-dua saja. Dan untuk anda yang belum memiliki akun Google serta belum tahu bagaimana cara membuat akun dan email pada Google anda bisa Search pada mesin pencarian browser anda..atau anda bisa tunggu postingan saya selanjutnya.
  9. Setelah anda klik pada menu ke-dua, selanjutnya akan terbuka halaman seperti pada gambar di bawah:
  10. Halaman Untuk Membuat Situs Web Bisnis (klik gambar untuk memperbesar).
  11. Anda tinggal mengisi semua keterangan yang diminta pada form pengisian tersebut..mulai dari Nama Bisnis Anda, Motto / Visi dan Misi Bisnis Anda, Bagaimana Anda Menjelaskan Bisnis Anda kepada Pelanggan, dan lain-lain. Satu lagi yang perlu anda ketahui bahwa pada fitur terbaru  Google ini semuanya berbahasa Indonesia, jadi anda tidak perlu khawatir jika tidak terlalu paham dengan Bahasa Inggris.
  12. Selanjutnya setelah anda selesai mengisi semua data yang diminta, lalu klik menu Buat Situs seperti gambar di bawah: (gambar di bawah masih lanjutan dari gambar nomor 7 diatas)
  13. Halaman Untuk Membuat Situs Web Bisnis (klik gambar untuk memperbesar).
  14. Setelah anda klik menu Buat Situs di atas, berarti Situs Web Bisnis anda sudah jadi. Sekarang anda telah masuk pada Halaman Admin, dimana anda bisa melakukan pengaturan elemen situs web bisnis anda. lihat gambar di bawah:
  15. Halaman Admin (klik gambar untuk memperbesar).
  16. Pada Halaman Admin tersebut anda juga bisa mengatur Desain/Tema web bisnis agar terlihat lebih enak dipandang. Anda juga bisa memasukkan daftar produk anda yang disertai gambar agar pelanggan lebih jelas tentang detail produk yang anda pasarkan, dan lain-lainnya.
  17. Sampai disini kita anggap telah berhasil mendaftar dan membuat situs web bisnis sendiri dengan alamat situs sementar: http://fotocopiayu.bisnisgoonline.co.id/, (contoh). Namun situs web kita tersebut masih belum bisa dipublikasikan atau dilihat oleh orang banyak karena masih ada tahapan yang harus diselesaikan.
  18. Maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan lagi situs web bisnis kita yang sudah jadi tersebut pada melsa.net.id dimana kita akan mendapatkan domain co.id secara gratis dari Melsa. Contohnya sederhana, alamat situs web bisnis saya diatas akan berubah lagi menjadi http://www.fotocopiayu.co.id setelah mendaftar pada melsa. Lebih ringkas bukan ?
  19. Sebelum anda mendaftar pada Melsa, sebaiknya anda persiapkan dulu KTP, dan SIUP anda yang masih berlaku..Scan/Duplikasi dan simpan dokumen tersebut dalam harddrive komputer/lapop anda dalam format .jpg atau .png. Karena dokumen tersebut akan diminta oleh Melsa dalam proses registrasi.
  20. Tapi jika anda belum memiliki KTP atau SIUP yang masih berlaku, anda bisa mengurusnya belakangan..yang penting anda mendaftar dulu untuk mendapatkan Nomor Registrasi dari Melsa.
  21. Sekarang klik menu Dapatkan Domain dan Publikasikan yang ditunjuk tanda panah sebelah kanan atau tanda panah yang melintas di atas gambar background. lihat gambar pada nomor 10 di atas.
  22. Selanjutnya akan terbuka halaman baru yang menuju pada situs web http://gibo.melsa.net.id/, lalu anda isikan pada kotak form pilih nama domain yang anda inginkan. (misal : www.fotocopiayu.co.id.) yang harus anda isi adalah tulisan yang berwarna merah. Masukkan nama domain sesuai selera anda, tapi alangkah baiknya sesuai dengan nama usaha yang anda daftarkan..lalu klik tombol cek ketersediaan disebelah kanan kotak isian tersebut. lihat gambar di bawah :
  23. Kotak isian nama domain (klik gambar untuk memperbesar).
  24. Jika nama domain yang anda tuliskan tadi tersedia, maka akan muncul pemberitahuan di bawah kotak isian tersebut bahwa nama domain tersebut Tersedia dan bisa anda gunakan untuk nama situs web bisnis anda. lihat gambar di bawah:
  25. Nama domain tersedia (klik gambar untuk memperbesar).
  26. Lalu klik tombol berwarna hijau berisi perintah Lanjutkan, maka akan terbuka halaman form pengisian data. Anda akan diminta memberi tanda cheklist pada salah satu pilihan Nama yang didaftarkan, kemudian anda isi lengkap permintaan data yang diminta pada form tersebut. selanjutnya klik lagi menu Lanjutkan yang terdapat pada bagian bawah halaman tersebut.
  27. Ikuti semua perintah yang diminta hingga sampai pada halaman dimana anda akan dimintai untuk upload dokumen anda (KTP dan SIUP).
  28. Jika anda memang belum memiliki salah satu dari dokumen yang diminta tersebut, sampai disini anda bisa menyudahi dulu proses pendaftaran hingga anda sudah siap dengan dokumen anda. Berarti anda harus mengurusnya dulu.
  29. Tapi anda tidak perlu khawatir, setelah anda selesai mengurus dokumen anda. Maka anda hanya tinggal melanjutkan proses upload dokumen saja..tidak harus mengulang proses pendaftaran dari awal lagi.
  30. Caranya gimana ?, 
  31. Tunggu postingan saya selanjutnya setelah saya selesai mendaftarkan usaha bisnis saya. hehe..sabar ya ?

"Salam Hangat Blogger".
semua tulisan dalam postingan ini masih jauh dari kata sempurna..
jadi mohon kritik dan sarannya ya..

0 komentar:

Posting Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.