Learn And Share With Faried

Merubah, Membuat Ukuran Kertas pada Ms. Office Word 2007

Memilih, Merubah / Membuat Ukuran Kertas Default, maksudnya adalah pada tahap dasar belajar Ms. Office Word 2007 kali ini kita akan menyesuaikan ukuran dan jenis kertas pada halaman kerja dengan kertas yang sering kita gunakan untuk melakukan pencetakan melalui printer (printout). Tapi sebelum sahabat pemula melangkah pada tahap ini pastikan sahabattelah membaca tutorial dasar sebelumnya mengenai : apa itu margin, dan bagaimana menentukan / mengatur margin.

Oke, sebelumnya saya akan berbagi sedikit cerita dulu kepada sahabat pembaca dan mungkin akan berguna, mengenai pengalaman saya yang lalu saat masih bekerja sebagai Tata Usaha pada sebuah sekolah, dimana pada saat itu bahkan sampai sekarang terkadang saya masih menjumpai orang dengan kendala yang sering ditanyakan kepada saya tentang Bagaimana Membuat Ukuran Kertas F4 / Folio pada Ms. Office Word 2007 ?,

Mengapa demikian ? Hal di atas disebabkan karena pada aplikasi Ms. Office Word 2007 tidak tersedia jenis dan ukuran kertas F4 / Folio tersebut sedangkan untuk membuat pelaporan baik itu di sekolah sendiri maupun untuk Dinas di atasnya pada daerah Luwu Timur (daerah saya) kebanyakan menggunakan kertas jenis F4 / Folio ini. Beruntung saja untuk sahabat yang memiliki printer dan di dalam softwarenya terdapat jenis kertas F4 / Folio tersebut, dan kalau tidak salah printer tersebut bertype Laserjet.
Lalu bagaimana solusinya ?, untuk menjawabnya, ikuti langkah-lagkah di bawah ini :

  1. Tekan (klik) pada ribbon menu Page Layout lalu pilih dan klik lagi icon Size, maka akan terbuka drop-down menu seperti gambar di bawah ini;

    ribbon menu Page Layout merubah ukuran kertas

    Perlu sahabat ketahui bahwa pada Microsoft Office Word 2007 telah disediakan juga beberapa jenis dan ukuran kertas bawaan, diantaranya adalah kertas A4 dan Letter yang biasanya digunakan untuk membuat makalah dan skripsi.

    Jika sahabat ingin menentukan dan membuat ukuran kertas sendiri (F4 / Folio), selanjutnya klik pada sub-menu More Paper Sizes yang berada paling bawah pada drop-down sub-menu gambar di atas.

  2. Setelah sahabat klik pada pilihan More Paper Sizes di atas, maka akan terbuka kotak dialog (PopUp Window) page setup seperti gambar di bawah ini:

    Kotak Dialog Merubah Ukuran Kertas

    pada pilihan nomor 1 gambar di atas pastikan pada menu Paper.
    pada pilihan nomor 2 gambar di atas klik pada tombol segitiga terbalik tersebut. Maka akan terbuka beberapa pilihan.
    pada pilihan nomor 3 gambar di atas pilih Custom Sizes.
    pada pilihan nomor 4 gambar di atas ubah nilainya menjadi 33,02 cm.
    pada pilihan nomor 5 gambar di atas klik sub-menu Default tersebut jika sahabat ingin memberlakukan pengaturan ukuran kertas ini menjadi default (bawaan). Maksudnya adalah, setiap sahabat membuka / membuat dokumen baru (bukan dokumen yang telah sahabat ketik dan simpan sebelumnya) maka pengaturan kertas inilah yang akan berlaku jadi sahabat tidak perlu mengatur ulang ukuran kertas lagi.
    pada pilihan nomor 6 gambar di atas klik menu OK maka sahabat sekarang telah selesai mengatur dan menentukan ukuran kertas F4 / Folio menjadi ukuran kertas default pada halaman kerja Ms. Office Word 2007.

Untuk sahabat pemula, saya rasa tutorial dasar Ms. Office Word 2007 kali ini sampai disini saja dulu dengan sedikit penjelasan agar lebih mudah dipahami..salam sukses selalu.

Jika sudah mengerti, selanjutnya silahkan menuju pada tahap dasar selanjutnya yaitu: ............. pada Ms. Office Word 2007.

Mohon luangkan waktu beberapa detik saja untuk memberikan Like, G+, atau Tweet jika menurut sahabat artikel ini bermanfaat, terima kasih sebelumnya.



6 komentar:

Hzndi mengatakan... balas

Nice gan, sangat brguna :)

Jefry mengatakan... balas

terima kasih mas, izin boolmark dulu ya

Faried Blogger mengatakan... balas

@Hzndi: terima kasih sob..

Faried Blogger mengatakan... balas

@Jefry: silahkan mas..selama artikel ini bermanfaat untuk anda.

Joko mengatakan... balas

Wah mantep nih jadi tau ukuran kertas

Anonim mengatakan... balas

thank mas yo

Posting Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.