Learn And Share With Faried

Mengatur, Merubah Margin pada Ms. Office Word 2007

Mengatur Margin dan Ukuran Kertas pada Ms. Word 2007, pada postingan sebelumnya telah dijelaskan mengenai langkah-langkah untuk melakukan pengaturan awal pada Ms. Office Word 2007 maka kali ini bloggger pemula blog inspirasi akan melanjutkan dan menjelaskan tentang apa itu margin, dan bagaimana menentukan / mengatur margin serta memilih, membuat / menentukan ukuran kertas sendiri pada Ms. Office Word 2007. Check This Out..!!

Apa Itu Margin dan Apa Fungsi Margin..?

Menurut saya, Margin adalah sebuah garis bantu putus-putus berbentuk persegi (mengikuti lebar halaman kerja) yang berfungsi sebagai batas pengetikan terhadap tepi atau sisi kertas.

Sebagai Catatan : Margin atau garis bantu ini tidak akan terlihat pada halaman kerja Ms. Office Word 2007 jika sahabat tidak mengaktifkannya terlebih dahulu, untuk mengaktifkannya sahabat bisa lihat pada postingan sebelumnya pada pilihan pengaturan text boundaries.

Mengubah dan Menentukan / Membuat Margin Default pada Halaman Kerja

Perlu sahabat ketahui bahwa pada saat pertama kali sahabat membuka Ms. Office Word 2007 setelah proses instalasi ukuran Margin default (bawaan) kiri, kanan, atas, dan bawah pada halaman kerja adalah 2,54 cm. Selanjutnya untuk mengubah ukuran tersebut ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Tekan (klik) pada ribbon menu Page Layout lalu pilih dan klik lagi icon Margin, maka akan terbuka drop-down menu seperti gambar di bawah ini;
    Perlu sahabat ketahui lagi bahwa pada Microsoft Office Word 2007 telah disediakan juga beberapa ukuran Margin bawaan, jadi sahabat bisa memilih salah satunya.

    ribbon menu page layout ms. office word 2007

    Tetapi jika sahabat ingin menentukan dan membuat ukuran margin sendiri, selanjutnya klik pada sub-menu Custom Margins yang berada paling bawah pada drop-down sub-menu pada gambar di atas.
  2. Setelah sahabat klik pada Custom Margins di atas, maka akan terbuka kotak dialog (PopUp Window) page setup seperti gambar di bawah ini:,

    PopUp Page Setup Margin ms. office word 2007

    pada pilihan nomor 1 gambar di atas pastikan pada menu Margin,
    pada pilihan nomor 2 gambar di atas tentukan sendiri jarak atau batas pengetikan sahabat dengan tepi atau sisi kertas dengan cara mengubah angka-angka tersebut, pada pilihan Margin Top (atas) 2,54cm; Left (kiri) 2,54cm; Bottom (bawah) 2,54cm; dan Right (kanan) 2,54cm.
    pada pilihan nomor 3 gambar di atas silahkan sahabat pilih orientasi (posisi) kertas yang akan sahabat gunakan sebagai pengaturan default setiap kali akan membuat dokumen baru; pilih Portrait untuk posisi kertas tegak atau berdiri dan pilih Landscape untuk posisi kertas memanjang atau horisontal.
    pada pilihan nomor 4 gambar di atas klik sub-menu Default tersebut jika sahabat ingin memberlakukan pengaturan margin ini menjadi default (bawaan). Maksudnya adalah, setiap sahabat membuka / membuat dokumen baru (bukan dokumen yang telah sahabat ketik dan simpan sebelumnya) maka pengaturan margin inilah yang berlaku jadi sahabat tidak perlu mengatur ukuran margin lagi.
    pada pilihan nomor 5 gambar di atas klik menu OK maka sahabat sekarang telah selesai mengatur dan menentukan ukuran atau jarak margin pada halaman kerja. Lihat gambar di bawah :

    screenshoot margin pada halaman kerja ms. office word 2007

Untuk sahabat pemula, saya rasa tutorial dasar Ms. Office Word 2007 kali ini sampai disini saja dulu dengan sedikit penjelasan agar lebih mudah dipahami..salam sukses selalu.

Jika sudah mengerti, selanjutnya silahkan menuju pada tahap dasar selanjutnya yaitu: Memilih dan Merubah / Membuat Ukuran Kertas Sendiri pada Ms. Office Word 2007,

Mohon luangkan waktu beberapa detik saja untuk memberikan Like, G+, atau Tweet jika menurut sahabat artikel ini bermanfaat, terima kasih sebelumnya.

1 komentar:

Jefry mengatakan... balas

Untuk masalah margin saya sering kali lupa caranya
trims atas info penyetingannya

Posting Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.