Learn And Share With Faried

Blue Screen View | Software Analisa BSoD

Menganalisa dan mengatasi masalah saat Blue Screen of Death (BSoD) muncul, sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan membaca pesan yang ditampilkan pada layar BSoD itu sendiri. Tetapi sayangnya informasi yang ditampilkan tersebut lebih bersifat teknis dan berupa error code sehingga bagi kita yang masih awam sedikit sulit untuk memahami.


Tampilan Blue Screen of Death (BSoD)

Setelah saya coba bertanya-tanya pada mbah Google dan mendapat sedikit tambahan informasi dari sebuah majalah, ada sebuah aplikasi yang dapat mengidentifikasi file yang dihasilkan dari masalah Blue Screen of Death (BSoD) pada laptop atau komputer. Aplikasi tersebut bernama Blue Screen View.

Blue Screen View bekerja dengan cara mencapture / mengambil informasi dari file minidump yang dibuat secara otomatis oleh system saat terjadinya system crash atau Blue Screen. File minidump secara default akan disimpan pada folder C:\Windows\Minidump

Cara menggunakan aplikasi Blue Screen View inipun sangat mudah, setelah download aplikasinya sahabat tinggal ekstrak dan jalankan file eksekusi BlueScreenView.Exe maka secara otomatis aplikasi ini akan menscan file-file minidump pada folder C:\Windows\Minidump dan hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk tabel. Lalu klik pada salah satu Dump File tersebut untuk menampilkan informasi detail dari masalah BSod tersebut.

Keunggulan Blue Screen View adalah gratis, portable, dan ukuran file yang sangat kecil (53,9 kb). Silahkan sahabat langsung download aplikasinya di bawah ini.

Download Gratis Blue Screen View

Sebagai Catatan : Jika aplikasi ini tidak berfungsi dengan baik atau sahabat kurang puas dengan hasilnya, coba periksa menu System Failure dengan cara klik kanan pada icon/gambar MyComputer, lalu pilih Properties, kemudian Advance, dan pada Startup and Recovery klik menu Setting, dan pastikan pada Write Debugging Information telah terpilih Small memory dump (64 kb), dan pada Small dump directory: telah terpilih %SystemRoot%\Minidump.

Lalu, apa yang harus dilakukan setelah penyebab Blue Screen of Death (BSod) ditemukan ?,

Tunggu update selanjutnya ya..
Untuk saat ini hanya sampai disini dulu, mudah-mudahan software analisa BSod ini sedikit bisa membantu sahabat.

Selamat Mencoba dan semoga sukses.
Tidak lupa ucapan salam hangat dari blogger pemula blog inspirasi.

Jika menurut sahabat artikel ini ada manfaatnya, mohon luangkan waktu beberapa detik saja untuk memberikan Like fb, G+1, atau Tweet. Terima kasih sebelumnya.

Referensi:
http://www.catatanteknisi.com

6 komentar:

Hzndi mengatakan... balas

Saya memang pernah mendengar software ini sob. Tapi kalau untuk white screen bagaimana yah ?

Faried Blogger mengatakan... balas

@Hzndi: waduh, kalo white screen ane baru dengar juga nieh, emang ada ya ?,

Unknown mengatakan... balas

gan nanya ya, software seperti connectify itu emang sering bikin blue screen ya gan? tapi kalo udah di uninstall juga kok masih suka kena blue screen sih?

ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai, info lebih lanjut langsung saja ke blog saya.

Hzndi mengatakan... balas

Ada sob, netbook ane jg whitescreen pas dnyalain.

Unknown mengatakan... balas

gmna cra mnjalankanx kok g bza???
kunjungi blog sya di http://ilmuitukunci.blogspot.com/

Unknown mengatakan... balas

cara mnjalankanya gmna kok g bisa???
kunjungi blog saya di http://ilmuitukunci.blogspot.com/

Posting Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.