Learn And Share With Faried

Kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana menghapus dan mengganti background foto dengan hasil yang maksimal, disini kita hanya akan menggunakan Layer Mask dan Brush Tool pada Photoshop untuk menghapus background foto, tanpa menggunakan tools lain.

oke..kita langsung saja, berikut langkah-langkahnya :
  1. Pastinya nyalain dulu komputer, laptop/tengtop, netbook, gadget, atau apalah yang ada aplikasi Photoshopnya, bukan Printer lho.
  2. Buka aplikasi Photoshop, udah pada tahu kan gimana cara bukanya..he-he (sombong banget).
  3. Klik menu File pada pojok kiri atas halaman Photoshop anda, setelah muncul popup..lalu klik lagi Open;
  4. (menu File, Open) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  5. Sekarang cari Foto yang akan anda jadikan objek kerja lalu double-click pada foto tersebut..lalu klik tab Open sesuai tanda panah pada gambar di bawah.
  6. (menu Popup Open) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  7. Sekarang Foto target telah terbuka di workspace Photoshop anda. Secara Default foto yang terbuka akan menjadi Layer Background, karena disini kita tidak bekerja menggunakan Eraser tool maka kita harus memindahkan foto tersebut ke Layer baru.
  8. (Layer Background) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  9. Caranya; sekarang tekan Ctrl+A, Ctrl+X, Ctr+V pada keyboard, jika anda berhasil maka secara otomatis foto akan berpindah ke layer 1. lihat gambar;
  10. (Layer 1) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  11. Sebelumnya mohon maaf; foto target sengaja dikaburkan bertujuan untuk melindungi privasi dari pemilik foto.
  12. Sekarang kita menuju ke tahap selanjutnya yaitu penghapusan background/latar belakang foto..tapi sebelumnya saya mau minum kopi dulu yach,,soalnya haus nih mikir sambil ngetik.
  13. masih minum sambil dengerin musik
  14. Ok, tenggorokan udah basah, udah lega..sekarang kita lanjutin lagi tutorialnya.
  15. Setelah foto target terbuka dan telah anda pindahkan ke Layer 1, sekarang klik Add Vector Mask, yang letaknya berada pada sudut kanan bawah kolom navigasi Layers (gambar kotak kecil dengan lingkaran berwarna putih didalamnya), jika masih bingung untuk mencarinya..lihat gambar di bawah. Tapi jika tabel navigasi tersebut tidak ada, itu berarti anda telah menutupnya. Nah, untuk mengaktifkannya kembali klik pada menu atas; Window ; Path ; Layers.
  16. (Vector Mask, Layer Mask Thumbnail) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  17. Setelah anda klik kotak kecil tersebut, maka pada Layer 1 akan muncul kotak putih yang disebut Layer Mask Thumbnail disamping thumbnail foto pada kolom Layer 1.
  18. Sekarang kita menuju pada Brush Tool Photoshop, klik gambar kuas kecil tersebut atau tekan huruf 'B' pada keyboard;
  19. (Tabel Navigasi Toolbar, Brush Tool) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  20. Kini kursor anda telah berubah menjadi bundar. Lihat gambar di nomor 14
  21. Sebelum menghapus background gambar menggunakan Brush Tool, pastikan dulu anda telah memindahkan warna hitam pada background color ke posisi atas menjadi foreground color. Caranya tekan huruf 'X' pada keyboard untuk berpindah dari backround color ke foreground color, demikian juga sebaliknya.
  22. klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  23. Nah, sekarang anda tinggal menghapus background secara pelan-pelan, sabar, dan teliti. Dan saat menghapus pada bagian sudut-sudut foto, anda bisa mengubah ukuran Brush Tool sesuai selera anda cukup dengan klik kanan di tengah foto, lalu atur ukuran dengan menggeser ke kiri-kanan tombol Master Diameter dan atur juga ketajaman Brush Tool dengan menggeser ke kiri-kanan tombol Hardness. Lihat gambar;
  24. (kotak dialog Brush Tools) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  25. Jika sedang menghapus background foto, dan tiba-tiba anda melakukan kesalahan, lihat gambar di bawah: anda tidak usah bingung dan takut karena harus mengulang dari awal lagi. Dengan Brush Tools dan Layer Mask tadi anda sudah diberi kemudahan..jadi anda cukup tekan tombol 'X' pada keyboard (seperti langkah pada nomor 14); tapi sekarang warna putih berpindah ke foreground color.
  26. (kesalahan) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  27. Selanjutnya coba lakukan Brushing / Penghapusan pada area dimana anda melakukan kesalahan tadi. Anda terkejut bukan..?, foto yang cacat tadi akan kembali normal. Jadi untuk melanjutkan penghapusan, tekan lagi tombol 'X' pada keyboard (kembalikan warna hitam ke foreground color). Ulangi langkah di atas jika anda melakukan kesalahan lagi.
  28. (perbaikan) klik gambar untuk melihat ukuran penuh
  29. Singkatnya; anda telah selesai menghapus background/latar belakang foto, Selanjutnya kita akan mengganti dan menyusun background foto tersebut dengan gambar-gambar sesuai selera anda. 
  30. Tapi sebelumnya mohon maaf lagi..karena saya sudah letih seharian duduk di depan komputer, jadi tutorialnya dilanjutin lain kali ya..jadi tetap up to date blog saya ini ya..
  31. Jadi pekerjaan anda di atas anda bisa simpan dulu di dalam harddisk dengan format .psd, sudah pada tahu kan bagaimana menyimpan file tersebut dengan format .psd ? hal ini ditujukan agar pekerjaan kita ini bisa dibuka dan dilanjutkan lagi, tidak usah mengulang.
Salam Blogger;

2 komentar:

galer vodgals mengatakan... balas

good trick sob :) kebetulan says sedang belajr photoshop, says bias pakai AI sob Adobe illustrator,, sangat bermanfaat artikel ini, bisa untuk pelajaran saya :)

Faried mengatakan... balas

mkasih sob..
kalau AI (adobe illustrator) saya baru belajar, baru dapat cracknya.
tapi sepertinya lebih asik kalau kita belajar dua-duanya, bisa untuk melengkapi satu sama lain.

Posting Komentar

Attention..!!
Blog ini adalah Blog Dofollow..
Jadi, silahkan berkomentar yang santun dan relevan..

Persyaratan :
1. Follow via Google FriendConnect dulu agar komentar Anda bisa cepat saya balas.
2. Dilarang menyertakan link di dalam komentar, jika ingin menyertakan link sebaiknya pada pilihan Name/URL.

Dan sebagai rasa terima kasih,
saya akan Follow + Berkomentar juga pada blog Anda.